Produk Furnitur Jateng Didorong Ekspor

Produk Furnitur Jateng Didorong Ekspor PECAH KENDI: Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga memecah kendi saat pelepasan e...

Produk Furnitur Jateng Didorong Ekspor

PECAH KENDI: Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga memecah kendi saat pelepasan ekspor furnitur ke Jepang dan Belanda yang dilakukan UKM Ina Culture Product (ICP) Prima dan UD Permata Furni di Kawasan Industri Tambak Aji Semarang, Kamis (13/4). (Foto suaramerdeka.com/Fista Novianti)

PECAH KENDI: Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga memecah kendi saat pelepasan ekspor furnitur ke Jepang dan Belanda yang dilakukan UKM Ina Culture Product (ICP) Prima dan UD Permata Furni di Kawasan Industri Tambak Aji Semarang, Kamis (13/4). (Foto suaramerdeka.com/Fista Novianti)

SEMARANG, suaramerdeka.com â€" Setelah mengalami kelesuan ekspor pada tahun lalu, produk furnitur asal Jateng yang selama ini menjadi produk unggulan didorong untuk kembali melakukan eksp or di tahun ini.

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menuturkan, Kementerian Koperasi dan UKM terus mendorong pelaku UKM yang bergerak di bidang furnitur untuk melakukan ekspor. Upaya mengekspor produk furnitur harus didorong untuk menggairahkan pasar ekspor furnitur yang sempat lesu beberapa tahun belakangan ini. Beragam upaya dilakukan untuk memfasilitasi UKM membuka pasar-pasar baru yang potensial.

Kementerian melalui Lembaga Layanan Pemasaran (LLP)-KUKM berupaya memfasilitasi pengiriman ekspor produk UKM ke berbagai negara. Seperti pengiriman ekspor furnitur ke Jepang dan Belanda yang dilakukan UKM Ina Culture Product (ICP) Prima dan UD Permata Furni di Kawasan Industri Tambak Aji Semarang, Kamis (13/4).

Kedua UKM tersebut telah lama menjadi mitra Lembaga Layanan Pemasaran (LLP)-KUKM dan telah mendisplai produknya di Galeri Indonesia Wow Gedung Smesco Jakarta di areal seluas 210 m2 sejak 2007. ”Diharapkan dengan upaya ini pelaku UKM f urnitur bisa memperluas pemasaran sampai ke pasar ekspor. Bahkan tidak hanya ke Belanda dan Jepang melainkan juga negara lainnya,” tuturnya.

Sebanyak lima kontainer produk furnitur yang diekspor di antaranya meja, lemari, dan kursi-kursi dari olahan jati, mahoni dan pinus. Belum lama ini, pihaknya telah memfasilitasi pengiriman ekspor produk UKM ke berbagai negara yang berasal dari Probolinggo, Jawa Timur, berupa kerajinan tangan dan furnitur etnik dari kayu limbah kapal yang dikirim ke pembeli ke Amerika Serikat. Selain itu, juga ke Jerman, Perancis, Kuwait dan Saudi Arabia. Pekan depan juga memfasilitasi ekspor UKM dati Cilacap menuju ke Saudi Arabia.

Pemilik UD Permata Furni, Erie Sasmito mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan ekspor pihaknya menjalin kemitraan dengan pelaku UKM lainnya. Ia melibatkan sekitar 25-30 UKM furnitur. ”Kami tidak mau serakah memenuhi permintaan ekspor sendiri. Dengan menjalin kemitraan, maka permintaan ekspor akan terpenuhi,” katanya.

Selama ini ia mampu melakukan ekspor per bulan sebanyak 15 kontainer. Sebagian besar didominasi ekspor ke Belanda dan sisanya Jepang, Australia, Amerika dan Kanada.

Dikatakannya, pada 2016, usahanya mengalami penurunan ekspor dari tahun sebelumnya total senilai Rp 58 miliar menjadi hanya Rp 52 miliar. Namun untuk tahun ini, total ekspor sampai triwulan tiga 2017 sudah mencapai Rp 15 miliar. Bahkan, order sudah penuh sampai Oktober mendatang.

“Kami optimistis target penjualan Rp60 miliar bisa tercapai tahun ini,” katanya.

Namun ia berharap pemerintah mempermudah birokrasi dan perizinan untuk usaha ekspor terutama yang bergerak di bidang furnitur.

Senada disampaikan Pemilik ICP Prima Bambang Setiawan yang sangat berharap pemerintah memberikan insentif dan fasilitas kemudahan bagi para pelaku UKM yang bergerak di bidang furnitur.

“Apalagi saat ini kami sedang mengembangkan jaringan dan kemitraan strategis antar produsen furnitur sehingga pasar dan produk tetap terjaga kontinuitasnya,” terangnya.

(Fista Novianti/CN19/SMNetwork)

Comments

comments

Sumber: Suara Merdeka

COMMENTS

Nama

Bisnis,217,Dunia,133,Edukasi,105,Hiburan,24,Nasional,336,Olahraga,230,Politik,38,Sains,10,Teknologi,14,
ltr
item
Berita 24 Indonesia: Produk Furnitur Jateng Didorong Ekspor
Produk Furnitur Jateng Didorong Ekspor
http://berita.suaramerdeka.com/bisnis/konten/uploads/2017/04/14dmenkop1-k14.eko_-300x200.jpg
Berita 24 Indonesia
http://www.berita24.com/2017/04/produk-furnitur-jateng-didorong-ekspor_15.html
http://www.berita24.com/
http://www.berita24.com/
http://www.berita24.com/2017/04/produk-furnitur-jateng-didorong-ekspor_15.html
true
8873009527769896651
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy