Permainan Standar Ala Deep Purple

Permainan Standar Ala Deep Purple Judul Album: Infinite Artis : Deep Purple Produksi : earMUSIC/2017 foto: istimewa MESKI telah berusia j...

Permainan Standar Ala Deep Purple

Judul Album: Infinite
Artis : Deep Purple
Produksi : earMUSIC/2017

foto: istimewa

foto: istimewa

MESKI telah berusia jelang 50 tahun, namun Deep Purple belum mau pensiun dari jagad musik rock. Para personelnya pun telah merambat ke usia gaek, tak menjadi penghalang. Meski demikian mereka tetap semangat memainkan musik hard rock sebagai jalur musik yang telah disepakati sejak merilis album In Rock di tahun 1970.

Namun jangan harap mereka bisa bermain segarang era album In Rock atau Machine Head. Karena pada masa kedua album itu dirilis, mereka masih belia usianya. Sementara saat ini, mereka bermain apa adanya dengan standar sesuai gaya kakek-kakek memainkan musik rock itu sendiri. Dibilang monoton sih, tidak juga. Karena mereka justru memasukkan unsur-unsur musik lain seperti arransemen musik progresif rock dengan perubahan bit yang berbeda-beda pada lagu “The Surprising”. Termasuk memainkan delta blues pada lagu daur ulang milik The Doors, “Roudhouse Blues”.

Album Infinite dirilis tanggal 7 April 2017 di bawah label earMUSIC, dan diproduseri Bob Ezrin yang pernah menangani rekaman album milik Alice Cooper, Pink Floyd, dan lain-lain. Berikut review album Infinite milik Deep Purple:

Time for Bedlam: dibuka dengan sound efek kibor yang panjang dan mengiringi vokal Ian Gillan dalam narasi yang menggunakan talk box. Kemudian muncul fil in drum dari Ian Paice yang langsung mengalir dalam irama swing rock up tempo, dan mengiringi vokal Gillan di bagian verse. Selain itu sound drive-drive gitar Steve Morse berselingan mengiringi vokal Gillan. Sementara permainan kibor Don Airey terasa pada bagian reffrain. Meski masih kalah gahar dibandingkan permainan Jo n Lord, pemain kibor Deep Purple yang telah wafat dan pensiun sejak tahun 2001. Bagian jeda lagu ini jelas menyajikan aksi permainan drive gitar Steve Morse dan juga permainan kibor dari Don. Lagu ini ditutup dengan suara talk box Gillan.

Hip Boots: vokal Gillan muncul terlebih dulu menyanyikan bagian verse, kemudian menyusul hentakan musik funk bit mid tempo. Vokal Gillan berselingan dengan suara kibor Don dan dentaman bas Roger Glover yang berunision satu sama lain. Bagian reffrain lagu ini menyajikan harmonisasi vokal Gillan dengan para personel Purple lainnya. Kemudian bagian jeda diisi dengan permainan kibor Don yang selalu menonjolkan sound organ. Menyusul drive-drive gitar yang dimainkan Steve Morse. Lagu ini ditutup dengan fil in drum dari Ian Paice.

All I Got Is You: suara kibor Don membuka lagu ini beriring permainan hit hat drum Ian Paice dalam birama 6/8 sepanjang 2 bar. Baru pada bar ke-2 menyusul permainan drive-drive git ar dari Steve Morse. Tak lama kemudian hentakan musik berubah menjadi swing rock up tempo dan mengiringi vokal Gillan di bagian verse, termasuk mengiringi di bagian reffrain. Bagian jeda lagu ini menyajikan permainan moog dari Don yang terkadang liar dan ekspressif, mencoba mengingatkan gaya permainan moog dari Rick Wakeman. Menyusul kemudian permainan drive-drive gitar dari Steve Morse.

One Night in Vegas: hentakan musik funk bit mid tempo membuka lagu ini sepanjang dua bar dengan diisi dengan permainan kibor Don, dentaman bas Roger Glover, serta tentu saja hentakan drum dari Ian Paice. Kemudian setelah melintasi bar ke-2, vokal Gillan masuk ke bagian verse. Menyimak gaya musik pada lagu ini, mencoba mengingatkan pada gaya musik Deep Purple di lagu “Stormbringer” di tahun 1974. Seperti biasa bagian jeda lagu ini diisi pembagian porsi antara permainan Don dengan permainan Steve Morse.

Get Me Outta Here: hentakan drum Ian Paice sepa njang 2 bar memainkan bit-bit birama 6/8, menyusul kemudian sound kibor Don yang beriring rif-rif gitar Steve Morse. Menyusul vokal Gillan masuk ke bagian verse beriring hentakan musik berbirama 6/8. Termasuk pada bagian reffrain lagu ini. Pada lagu ini dentaman bas Roger terasa kurang. Seolah lagu ini hanya mengandalkan sound gitar, drum, dan kibor.

The Surprising: suara alat musik kibor beriring dengan suara efek nyanyian wanita membuka lagu ini. Menyusul kemudian permainan rhytm gitar dari Steve Morse. Saat vokal Gillan masuk ke bagian verse, Ian Paice mulai memainkan drum tetapi dalam irama samba mid tempo. Namun saat masuk ke bagian reffrain hentakan musik berubah menjadi rock mid tempo. Bagian jeda lagu ini menyajikan unision antara dentaman bas Roger dengan permainan snare drum Ian Paice, yang berselingan dengan permainan drive gitar Morse berselingan dengan permainan kibor Don. Kemudian masuk kembali ke irama rock mid tempo. Tak lama kemudian masuk la gi ke sound kibor dengan denting piano elektrik Don yang panjang. Tak lama kemudian vokal Gillan masuk ke bagian verse beriring petikan gitar dari Steve Morse dan berlanjut dalam iringan hentakan drum Ian Paice dalam irama samba dan berubah menjadi rock mid tempo. Tak lama kemudian menyusul unision antara suara snare drum Paice dengan dentaman bas Roger yang berselingan dengan unision permainan kibor Don dengan permainan drive gitar dari Steve Morse, sebagai bagian coda dan outro lagu.

Johnny’s Band: sound kibor Don membuka lagu ini sepanjang 4 bar beriring dengan drive gitar Steve Morse, menyusul kocokan rif-rif gitar Steve Morse sepanjang 2 bar yang berselingan dengan fil in drum Paice. Kemudian vokal Gillan masuk dalam irama rock mid tempo yang beriring dengan sound drive dan rif-rif gitar Steve Morse.

On Top Of The World: rif-rif gitar Steve Morse membuka lagu ini, menyusul dengan hentakan musik funk bit mid tempo sepanjang 2 bar beriring dengan sound kibor Don. Lalu vokal Gillan masuk ke bagian verse beriring hentakan musik funk bit mid tempo. Saat masuk ke bagian reffrain, vokal Gillan beriring dengan permainan drive-drive gitar Morse yang tampil dalam gaya agak bluesy. Sementara permainan kibor Don di bagian jeda lagu, terdengar ekspressif, seolah dia tengah memainkan musik blues atau jazz. Bagian jeda lagu ini juga menyisipkan narasi dari Gillan yang cuma beriring permainan kibor Don. Lalu Morse kembali memainkan rif-rif gitarnya yang menyusul permainan drivenya beriring hentakan musik funk bit mid tempo.

Birds of Prey: drive-drive gitar Morse membuka lagu ini beriring hentakan musik slow bit funk sepanjang 4 bar. Kemudian menyusul sound kibor Don yang masih beriring hentakan musik slow bit funk sepanjang 2 bar. Selanjutnya vokal Gillan masuk ke bagian verse menggunakan talkbox. Bagian jeda lagu ini lebih banyak menonjolkan kepiawaian Morse dalam menggaruk-garuk snare gitarnya.

Roadhouse Blues: lagu ini dibuka dengan permainan snare drum Paice yang menyajikan irama swing mid tempo. Menyusul suara harmonika dari Gillan dan denting piano dari Don. Vokal Gillan masuk ke bagian verse beriring hentakan musik berirama swing mid tempo dan berselingan dengan denting piano dari Don. Deep Purple membawakan lagu ini seolah menjadi keluar dari gaya musik Purple yang sesungguhnya. Bahkan lagu ini merupakan lagu daur ulang The Doors, di mana sebelumnya Purple pada masa era Mark I di tahun 1968-1969 juga membawakan lagu-lagu daur ulang dari grup atau penyanyi lainnya.
(Nugroho Wahyu Utomo/CN40/SM Network)

Sumber: Suara Merdeka

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Bisnis,219,Dunia,133,Edukasi,105,Hiburan,26,Nasional,336,Olahraga,230,Politik,39,Sains,10,Teknologi,14,
ltr
item
Berita 24 Indonesia: Permainan Standar Ala Deep Purple
Permainan Standar Ala Deep Purple
http://berita.suaramerdeka.com/entertainment/konten/uploads/2017/04/Deep_Purple_-_Infinite-300x180.jpg
Berita 24 Indonesia
http://www.berita24.com/2017/04/permainan-standar-ala-deep-purple_11.html
http://www.berita24.com/
http://www.berita24.com/
http://www.berita24.com/2017/04/permainan-standar-ala-deep-purple_11.html
true
8873009527769896651
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy