Kemendikbud Sebut UN SMA Berlangsung Lancar dan Baik

Kemendikbud Sebut UN SMA Berlangsung Lancar dan Baik foto: suaramerdeka.com/dok JAKARTA, suaramerdeka.com â€" Kementerian Pendidikan ...

Kemendikbud Sebut UN SMA Berlangsung Lancar dan Baik

foto: suaramerdeka.com/dok

foto: suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com â€" Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyampaikan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional (UN) jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) utama, berlangsung pada 10 sampai dengan 13 April 2017, berjalan dengan lancar dan baik.

Inspektur Jenderal (Irjen) Daryanto menyebutkan, selain mengalami peningkatan jumlah peserta dan satuan pendidikan penyelenggara, pelaksanaan UNBK tahun ini lebih akuntabel.

“Ujian nasional berbasis komputer yang sedang berjalan ini hambatannya kecil sekali. Dan yang terkait dengan ujian nasional berbasis pensil dan kertas, semua soal telah terdistribusi dengan baik,” kata Daryanto.

Sementara soal ujian susulan bagi siswa yang berhalangan dan atau mengalami ken dala teknis saat ujian, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Dadang Sudiyarto menyampaikan bahwa ujian susulan akan diadakan pada tanggal 18 dan 19 April.

Khusus untuk Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, ujian susulan dilakukan tanggal 19 dan 20 April karena pelaksanaan pemilihan kepala daerah putaran kedua. “Saat ini, soal untuk ujian susulan untuk UNKP sudah berada di tiap provinsi,” jelas Dadang.

Salah satu hal menarik di dalam pelaksanaan UN di tahun 2017 ini adalah kebebasan peserta untuk memilih satu mata pelajaran sesuai bidang peminatan. Menurut data peserta Ujian Nasional Berbasis Pensil dan Kertas (UNKP) yang diperoleh dari Sekretariat Ujian Nasional, mata pelajaran Biologi paling banyak dipilih peserta dari bidang peminatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan 206.036 peserta.

Kemudian, untuk bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, mata pelajaran yang paling banyak dipilih oleh peserta adalah Sosiologi dengan 219.552 peserta. Sastra Ind onesia menjadi mata pelajaran terbanyak dipilih oleh peserta UN dari bidang peminatan Bahasa. Peserta UNBK dapat memilih soal mata pelajaran saat mulai menggunakan aplikasi sesaat sebelum ujian hari keempat dimulai.

(Andika Primasiwi / CN26 / SM Network)

Sumber: Suara Merdeka

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Bisnis,219,Dunia,133,Edukasi,105,Hiburan,26,Nasional,336,Olahraga,230,Politik,39,Sains,10,Teknologi,14,
ltr
item
Berita 24 Indonesia: Kemendikbud Sebut UN SMA Berlangsung Lancar dan Baik
Kemendikbud Sebut UN SMA Berlangsung Lancar dan Baik
http://berita.suaramerdeka.com/konten/uploads/2017/04/UNBK2-400x241.jpg
Berita 24 Indonesia
http://www.berita24.com/2017/04/kemendikbud-sebut-un-sma-berlangsung_79.html
http://www.berita24.com/
http://www.berita24.com/
http://www.berita24.com/2017/04/kemendikbud-sebut-un-sma-berlangsung_79.html
true
8873009527769896651
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy