Budi Luhur Kembangkan Koperasi di Klaten

Budi Luhur Kembangkan Koperasi di Klaten Foto: kammijakarta JAKARTA, suaramerdeka.com â€" Bisnis koperasi yang dijalankan Yayasan Pen...

Budi Luhur Kembangkan Koperasi di Klaten

Foto: kammijakarta

Foto: kammijakarta

JAKARTA, suaramerdeka.com â€" Bisnis koperasi yang dijalankan Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti di Kabupaten Klaten terus dikembangkan. Setelah memiliki tujuh koperasi simpan pinjam di tujuh kecamatan, masing-masing Prambanan, Jogonalan, Karang Anom, Kebonarum, Bayat, Manisrenggo dan Gantiwarno, kini giliran dua kecamatan lain yang disasar. Keduanya adalah Kecamatan Klaten Utara dan Klaten Selatan.

Pengukuhan dua koperasi baru tersebut sudah dijalankan pada 7 April 2017 oleh Dewan Pengawas Koperasi, Suwasti Broto. Pendiri Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Djaetun HS turut menyaksikan dengan didampingi Direktur Riset dan PPM Universitas Budi Luhur (UBL), Krisna Adiyarta dan Wakil Direktur Bidang Abdimas dan KKN, Putri Suryandari.

Menurut Djaetun HS, pendirian koperasi simpan pinjam tersebut sebagai wujud nyata pengabdian masyarakat dari UBL. Karena itu, pihaknya berharap keberadaan koperasi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Dana pembentukan koperasi adalah murni dari pendapatan Universitas Budi Luhur, bukan dari sumber lain. Untuk itu, apabila modalnya baik, yang menjalankan juga baik, maka hasilnya pun akan baik,” ujar Djaetun melalui rilis yang dikirim Kepala Humas UBL, Linda Islami, Kamis (13/4).

Pada saat itu, Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat UBL juga melakukan penyuluhan terhadap pengurus koperasi yang sudah terbentuk. Materi penyuluhan yang diberikan mengenai sistem koperasi syariah, manajemen koperasi syariah, sistem koperasi terintegrasi dan penyuluhan tentang budi daya sidat. Beberapa narasumber yang menyampaikan materi, antara lain Wiwin Windyhastuti, Tjahyanto, Ruswanto, Titin Fatimah, Windarto dan M Nur Farid Thoha.

(Arif M Iqbal/CN19/SMNetwork)

Comments

comments

Sumber: Suara Merdeka

COMMENTS