Bashar al-Assad Bantah Penggunaan Senjata Kimia

Bashar al-Assad Bantah Penggunaan Senjata Kimia Foto: istimewa ALEPO, suaramerdeka.com â€" Tudingan penggunaan senjata kimia saat per...

Bashar al-Assad Bantah Penggunaan Senjata Kimia

Foto: istimewa

Foto: istimewa

ALEPO, suaramerdeka.com â€" Tudingan penggunaan senjata kimia saat perang melawan ISIS dan pemberontak yang telah dilakukan oleh Presiden Suriah Bashar al-Assad, pada Kamis (13/4) dibantah dengan tegas.

Al-Assad menyebut tuduhan itu “100 persen dibuat-buat”. Dalam wawancara dengan AFP, Assad mengatakan militer Suriah telah meninggalkan semua senjata kimianya.

“Menurut kesan kami, Barat, terutama Amerika Serikat, bekerja sama erat dengan teroris. Mereka membuat-buat keseluruhan cerita agar ada alasan untuk melakukan serangan,” katanya.

Amerika melancarkan serangan misil pekan lalu terhadap pangkalan udara Suriah yang diyakini sebagai sumber senjata kimia. Amerika Serikat telah menyatakan bahwa militer Suriah melancarkan serangan kimia terhadap warga sipil di provinsi Idlib, yang menewaskan banyak orang, termasuk perempuan dan anak-anak.

Awal pekan ini, Dewan Keamanan Nasional melansir laporan yang menyebut penggunaan senjata kimia terlarang oleh Suriah yang tak bisa diterima sama sekali sebagai ancaman nyata bagi dunia. Dewan menuduh Suriah dan Rusia berusaha “membuat bingung masyarakat dunia mengenai siapa yang bertanggungjawab dalam penggunaan senjata kimia terhadap rakyat Suriah, baik dalam serangan terbaru maupun yang sebelumnya.

Hari Rabu (12/4), Rusia memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengutuk diktator Suriah Bashar al-Assad atas serangan maut dengan senjata kimia itu.

(VOA/CN34)

Sumber: Suara Merdeka

COMMENTS