Alumni IPB Diharapkan Ikut Optimalkan SDA

Alumni IPB Diharapkan Ikut Optimalkan SDA Foto: istimewa BANDUNG, suaramerdeka.com - Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) diharapkan dapa...

Alumni IPB Diharapkan Ikut Optimalkan SDA

Foto: istimewa

Foto: istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) diharapkan dapat mengembangkan sumber daya alam dan berperan aktif dalam membina serta memberikan pemberdayaan kepada masyarakat dengan ilmu yang dimilikinya.

Tak hanya itu, mereka harus pula berkontribusi melalui kritik dan advokasi terhadap kebijakan pemerintah terkait dengan pertanian dan sumber daya alam.

Demikian Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pada acara pengukuhan dan pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Se-Jabar, di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Jumat (14/4).

“Kita ingin peran mereka lebih kokoh, memberikan pikiran segarnya terhadap masyarakat supaya berdampak pada ketahanan pangan kita. Tantangan kita bagaimana car anya potensi SDA ini dimanfaatkan dengan baik untuk ketahanan pangan,” katanya.

Di Jabar, imbuhnya, keberadaan ribuan alumni IPB banyak tersebar dan di antaranya menjabat sebagai kepala dinas. Kontribusi mereka diharapkan mampu semakin mewarnai derap perubahan wilayah.

Ketua Umum Dewan Pengurus Daerah HA IPB Jabar, Dewi Sartika menyebut bahwa jumlah alumni IPB di wilayah tersebut mencapai 3.500 orang. Itu di luar yang belum terdaftar yang mencapai 6.000 orang.

Dijelaskan, HA IPB merupakan wadah berkarya para alumni IPB untuk berkiprah dan berkontribusi terhadap diri, sesama alumni dan masyarakat.

“Kita memiliki program yang betul-betul terlaksana dengan baik, ruang lingkup kerja yang luas dan menjadi lembaga yang dinamis,” tuturnya.

Dengan keberadaan pengurus yang rata tersebar di seluruh Jabar , dia optimis kiprah alumni akan semakin menggema. “Sekarang sudah lengkap di 27 kota kabupaten dan, ini merupakan modal yang sangat besar dan berar ti untuk lebih mengabdi kepada masyarakat,” katanya.

(Setiady Dwi/CN19/SMNetwork)

Sumber: Suara Merdeka

COMMENTS